Arsip Saya

Kamis, 06 Januari 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester :VII / satu
Standar Kompetensi : 1. Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
Kompetensi Dasar : 1.1 Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam masyarakat
Indikator :- Menjelaskan hakekat norma -Menjelaskan pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat -Menguraikan macam-macam norma
Alokasi Waktu :8 x 40 menit ( 4 X pertemuan )
1.Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa dapat :
• Menjelaskan pengertian norma
• Menjelaskan tujuan norma
• Menjelaskan fungsi norma
• Menguraikan macam-macam norma
• Menganalisis hubungan norma, kebiasaan, adat istiadat dan peraturan yang berlaku dalam masyarakat
• Menganalisis perbedaan norma kesusilaan, kemasyarakatan, agama dan hukum dilihat dari sumber, kekuatan mengikat dan sanksinya
2.Materi Ajar
• Pengertian norma
• Tujuan norma
• Fungsi norma
• Macam-mcam norma
• Hubungan norma, kebiasaan, adat istiadat dan peraturan
• Sumber-sumber norma
• Kekuatan mengikat norma
• Sanksi norma
3. Metode
Ceramah bervariasikan tanya jawab, inquiry, penugasan, dan diskusi kelas
4. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1 Pendahuluan ( 10 menit )
a.Siswa menyimak penjelasan guru tentang apa yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran norma; tujuan dan fungsi norma yang ada di masyarakat
b. Siswa menyimak skema, bagan atau gambar-gambar yang disajikan guru, baik yang dibuatnya sendiri maupun yang diambil dari media massa. Setelah itu siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dikemukakan guru berkenaan dengan gambar-gambar tersebut.
c. Siswa menyimak penjelasan atau klarifikasi guru tentang jawaban- jawaban yang diberikan siswa.
Kegiatan Inti ( 60 menit )
a. Siswa membaca dan mendiskusikan serta mengerjakan tugas-tugas dalam buku teks
b.Siswa dengan difasilitasi oleh guru mendiskusikan materi
c.Siswa menyimak dan mencermati uraian materi pokok norma-norma dalam msyarakatyl, khususnya sub tentang sejarah perkembangan
norma; tujuan dan fungsi norma serta macam-macam norma yang ada di masyarakat .
d. Siswa menyimak penjelasan dan klarifikasi guru mengenai konsep- konsep inti yang berkaitan dengan sejarah perkembangan norma; tujuan dan kegunaan norma serta macam-macam norma yang ada di masyarakat
d. Siswa berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab kelas yang difasilitasi oleh guru e.Siswa mengerjakan tugas-tugas kelompok
Kegiatan Penutup ( 10 menit )
a. Siswa dengan dibimbing dan difasilitasi guru membuat rangkuman materi tentang sejarah perkembangan norma; tujuan dan fungsi norma serta macam-macam norma yang ada di masyarakat b.Siswa mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan guru
Pertemuan 2 Pendahuluan ( 10 menit )
a.Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran tentang macam-macam norma yang ada dalam masyarakat
b.Siswa mencermati skema, bagan atau gambar-gambar yang disajikan guru, baik yang dibuatnya sendiri maupun yang diambil dari media massa. Setelah itu siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dikemukakan guru berkenaan dengan gambar-gambar tersebut.
c. Siswa menyimak penjelasan atau klarifikasi guru tentang jawaban- jawaban yang diberikan siswa.
d. Siswa membagi diri ke dalam kelompok-kelompok yang diminta guru untuk mengerjakan dan menjawab berbagai pertanyaan yang ada dalam LKS e.Siswa menerima LKS yang dibagikan guru Kegiatan Inti ( 60 menit )
a.Siswa membaca dan mendiskusikan serta mengerjakan tugas-tugas dalam buku PKn
b.Siswa dengan difasilitasi oleh guru mendiskusikan buku Pkn
c.Siswa menyimak dan mencermati uraian materi pokok norma-norma dalam masyarakat, khususnya sub tentangmacam-macam normayang ada dalam masyarakat
d. Siswa menyimak penjelasan dan klarifikasi guru mengenai konsep- konsep inti yang berkaitan dengan sumber, sanksi, dan ruang lingkup norma-norma yang ada dalam masyarakat
e.Siswa berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab kelas yang difasilitasi oleh guru f.Siswa mengerjakan tugas-tugas kelompok
Kegiatan Penutup ( 10 menit )
a. Siswa dengan dibimbing dan difasilitasi guru membuat rangkuman materi tentang sumber, sanksi, dan ruang lingkup norma-norma yang ada dalam masyarakat
b.Siswa mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan guru
Pertemuan 3
Pendahuluan ( 10 menit )
a.Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran tentang sumber-sumber norma dan kekuatan mengikat norma yang adadalam masyarakat b.Siswa mencermati skema, bagan atau gambar-gambar yang disajikan guru, baik yang dibuatnya sendiri maupun yang diambil dari media massa. Setelah itu siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dikemukakan guru berkenaan dengan gambar-gambar tersebut.
c. Siswa menyimak penjelasan atau klarifikasi guru tentang jawaban- jawaban yang diberikan siswa.
Kegiatan Inti ( 60 menit )
a.Siswa membaca dan mendiskusikan serta mengerjakan tugas-tugas buku PKn
b.Siswa dengan difasilitasi oleh guru mendiskusikan dan membahas buku PKn
c.Siswa menyimak dan mencermati uraian materi pokok sumber-sumber norma dan kekuatan mengikat normayang ada dalam masyarakat
d.Siswa dengan difasilitasi guru, mengerjakan dan mendiskusikan soal-soal yang ada dalam buku siswa dan buku PKn
e. Siswa menyimak penjelasan dan klarifikasi guru mengenai konsep- konsep inti yang berkaitan dengan sumber-sumber dan kekuatan mengikat norma, yang ada dalam masyarakat
f.Siswa berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab kelas yang difasilitasi oleh guru
g.Siswa mengerjakan tugas-tugas kelompok
h.Siswa mempresentasikan hasil tugas kelompok.
Kegiatan Penutup ( 10 menit )
a. Siswa dengan dibimbing dan difasilitasi guru membuat rangkuman materi tentang sumber, sanksi, dan ruang lingkup norma-norma yang ada dalam masyarakat
b.Siswa mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan guru
Pertemuan 4
Pendahuluan ( 10 menit )
a.Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran tentang pelaksanaan sanksi terhadap pelaku pelanggaran norma yang adadalam masyarakat
b.Siswa mencermati skema, bagan atau gambar-gambar yang disajikan guru, baik yang dibuatnya sendiri maupun yang diambil dari media massa. Setelah itu siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dikemukakan guru berkenaan dengan gambar-gambar tersebut.
c. Siswa menyimak penjelasan atau klarifikasi guru tentang jawaban- jawaban yang diberikan siswa.
d.Siswa membagi diri ke dalam kelompok-kelompok yang diminta guru untuk mengerjakan dan menjawab berbagai pertanyaan yang ada dalam buku PKn
Kegiatan Inti ( 60 menit )
a.Siswa membaca dan spesial mendiskusikan serta mengerjakan tugas- tugas yang ada dalam buku PKn b.Siswa dengan difasilitasi oleh guru mendiskusikan dan membahas buku PKn
c.Siswa menyimak dan mencermati uraian materi pokok jenis-jenis sanksi yang diberikan terhadap pelanggar norma
d.Siswa dengan difasilitasi guru, mengerjakan dan mendiskusikan soal-soal yang ada dalam buku Pkn
e. Siswa menyimak penjelasan dan klarifikasi guru mengenai konsep- konsep inti yang berkaitan dengan jenis-jenis dan pelaksanaan sanksi terhadap pelanggar normayang ada dalam masyarakat f.Siswa berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab kelas yang difasilitasi oleh guru
g.Siswa mengerjakan tugas-tugas kelompok
h.Siswa mempresentasikan hasil tugas kelompok.
Kegiatan Penutup ( 10 menit )
a. Siswa dengan dibimbing dan difasilitasi guru membuat rangkuman materi tentang jenis-jenis dan pelaksanaan sanksi bagi pelanggar norma yang ada dalam masyarakat
b.Siswa mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan guru
5.Alat/Sumber Belajar
• Buku Paket
• Buku PKn kelas VII
• Contoh norma,
• Orang tua
• Tokoh masyarakat setempat
• artikel/berita di media massa
6. Penilaian Teknik penilaian yang digunakan adalah tes tertulis dengan bentuk tes uraian dan pilihan ganda, Bagian I Pilihlah salah satu jawaban di bawah ini dengan cara memberi tanda silang (X) pada alternatif yang benar atau paling benar di antara empat kemungkinan jawaban yang tersedia!

1.Apabila kita berbicara tentang kualitas kebaikan seseorang, maka hal itu berkaitan......
A. materi
B. norma
C. nilai
D. moral

2.Materi nilai kesatuan, kerukunan dan tanggung jawab, termasuk ke dalam norma..........
A. agama
B. hukum
C. sosial
D. kesopanan

3.Norma yang sanksinya berupa rasa menyesal dinamakan norma
A. kesusilaan
B. kemasyarakatan
C. agama
D. kesopanan

4.Kelebihan manusia dengan makhluk lainnya adalah ….
A. bentuk fisik
B. rasa malu
C. akal pikiran
D.hari nurani

5.Manusia dapat berkreasi dan menciptakan pakaian dengan menggunakan….
A. nalurinya
B. daya pikirannya
C. rasa estetikanya
D.etika dan khayalannya

6.Dalam mewujudkan cita-citanya manusia dihadapkan kepada….
A.kepentingan orang lain
B.norma yang ada dalam masyarakat
C. penguasa setempat
D. saingan usahanya

7.Pada hakekatnya manusia mempunyai dua........................
A.bahagia dan jaya
B.dihormati dan terhormat
C.menyatu dengan alam
D.sempurna dan bahagia

8.Kaidah hidup yang paling tua adalah norma….
A. kesusilaan
B.adat atau kemasyarakatan
C. agama
D. hukum

9.Norma yang jenis sanksinya berupa pengucilan adalah ….
A. kesusilaan
B.adat atau kemasyarakatan
C. agama
D. hukum

10.Manakah di antara kaidah hidup di bawah ini yang mempunyai sanksi paling tegas, baik di dunia maupun di akherat?
A. kesusilaan
B.adat atau kemasyarakatan
C. agama
D. hukum

11.Tujuan yang paling pokok adanya norma dalam masyarakat adalah untuk mewujudkan….
A. kepastian hukum
B.ketertiban dalam masyarakat
C. keadilan sosial
D.kebahagiaan bagi masyarakat

12.Perlunya hukum bagi manusia adalah......
A.setiap manusia ingin berusaha untuk berbuat yang terbaik bagi dirinya
B.semua kepentingan manusia telah terwadahi dalam semua norma
C.tidak semua orang mentaati norma yang ada di masyarakat
D.kepentingan setiap orang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhannya

13.Salah satu ciri norma hukum bila dibandingkan dengan norma lainnya adalah ….
A.sudah ditentukan terlebih dahulu
B.tegas dan keras
C.tidak memandang siapa yang bersalah
D.dibuat oleh lembaga kemasyarakatan

14.Conth perbuatan di bawah ini yang melanggar pelanggaran keempat norma........
A. mencuri
B. memberikan warisan
C. memfitnah
D. menghina tetangga

15.Norma mempunyai fungsi yang sangat penting dalam masyarakat antara lain....
A. menegakkan keadilan
B. menegakkan kebenaran
C. menciptakan ketertiban
D. mewujudkan kebersamaan

Bagian II Jawablah semua pertanyaan di bawah ini dengan singkat, jelas dan tepat!
1.Jelaskan hakekat norma yang berlaku dalam masyarakat
2.Jelaskan arti pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara
3.Uraikan macam-macam norma yang berlaku dalam masyarakat
4.Jelaskan perbedaan norma dilihat dari sumber, kekuatan mengikat dan
jenis sanksi yang diberikan kepada pelanggarnya!
5.Berikan contoh perbuatan yang menjunjung tinggi norma yang berlaku di masyarakat!

Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,


............................ ................................ NIP :........ ...... ... NIP. ...................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar