RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA SEKOLAH : SMP NEGERI 1 DUDUKSAMPEYAN
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
KELAS/SEMESTER : IX/I
STANDAR KOMPETENSI : Menampilkan partisipasi dalam usaha pembelaan negara
KOMPETENSI DASAR : 1.1 Menjelaskan pentingnya usaha pembelaan negara
INDIKATOR : - Menguraikan unsur-unsur negara
- Menentukan fungsi negara
- Menemukan hak – hak dan kewajiban warga negara dalam pembelaan negara.
- Memberikan contoh tindakan upaya bela negara.
ALOKASI WAKTU : 4 X 40 menit ( 2 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa dapat :
· Menguraikan unsur-unsur negara
· Menentukan fungsi negara
· Menentukan hak dan kewajiban warga negara dalam pembelaan negara
· Memberikan contoh tindakan upaya bela negara
B. Materi Pembelajaran :
· unsur-unsur negara
· fungsi negara
· hak dan kewajiban warga negara dalam pembelaan negara
· contoh tindakan upaya bela negara
C. Metoda : Ceramah bervariasi, tanya jawab, dan diskusi.
D.Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
NO | Kegiatan Belajar | Waktu | Ket |
1. 2. 3. | Pendahuluan a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas) b. Motivasi - Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan. - Informasi kompetensi yang ingin dicapai. Kegiatan inti
Kegiatan Penutup a. Siswa dibimbing guru menyimpulkan materi untuk pemahaman siswa. b. Post Test c. tindak lanjut dengan memberi tugas rumah guna mempersiapkan materi yang akan datang untuk persiapan diskusi kelas | 10 menit 60 menit 10 menit | |
Pertemuan Ke-2
NO | Kegiatan Belajar | Waktu | Ket |
1. 2. 3. | Pendahuluan b. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas) b. Motivasi - Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan. - Informasi kompetensi yang ingin dicapai. Kegiatan inti a. Penjelasan konsep secara umum tentang pembelaan negara. b. Masing-masing kelompok mempersiapkan diri untuk melalkukan presentasi dari hasil diskusi kelomppok. c. Setiap kelompok melakukan presentasi untuk ditanggapi oleh kelompok yang lain. d. Klarifikasi dari guru tentang hak dan kewajiban warga negara dalam pembelaan negara Kegiatan Penutup a. Siswa dibimbing guru menyimpulkan materi untuk pemahaman siswa. b. Post Test c. tindak lanjut dengan memberi tugas rumah guna mempersiapkan materi yang akan datang. | 10 menit 60 menit 10 menit | |
- Sumber Belajar
· Buku Materi PKn Kelas 9
· UUD 1945 setelah amandemen
· UU No. 20 tahun 1982
· UU No. 3 tahun 2002
- Penilaian
Penilaian dilakukan sebelum, selama dan sesudah proses pembelajaran. Penilaian tertulis diberikan setelah pertemuan ke 2. Sedangkan pertemuan pertama dan kedua penilaian lebih ditekankan melalui kegiatan tanya jawab, aktivitas saat diskusi kelompok, substansi isi materi diskusi kelompok dan presentasi.
Bagian 1
Pilihlah salah satu jawaban di bawah in dengan cara memberi tanda silang (X) pada jawaban yang palling benar!
1. Pasal-pasal dalam UUD 1945 yang mengatur tentang bela negara adalah.....
a. 27 dan 28 c. 27 dan 30
b. 28 dan 30 d. 29 dan 30
2. Pertahanan negara diatur dalam UU No....
a. 2 Tahun 2000 c. 3 Tahun 2002
b. 2 Tahun 2002 d. 3 Tahun 2003
3. Menurut UU pertahanan negara upaya bela negara selain kewajiban dasar manusia juga merupakan ....
a. hak warga negara
b. kehormatan bagi warga negara
c. tanggung jawab moral
d. kewajiban bagi setiap warga negara
4. Keikutsertaan warga negara dalam upaya bela negara diselenggarakan melalui seperti
tersebut di bawah ini kecuali..
a. Pendidikan Kewarganegaraan
b. pelatihan dasar kemiliteran secara wajib
c. pengabdian sesuai dengan profesi
d. menggerakkan komponen bangsa
5. contoh partisipasi pelajar dalam bela negara adalah ....
a. belajar dengan tekun agar berhasil dalam lomba olympiade matematika sebagai duta bangsa
b. berjuang melawan penjajah
c. menguasai ilmu kemiliteran
d. siap berjuang melawan mus
bagian 2.
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan tepat!
1. Sebutkan 3 unsur pokok berdirinya suatu negara!
2. Sebutkan 4 fungsi negara !
3. Jelaskan pengertian ancaman militer!
4. Sebutkan 3 bentuk keikut sertaan warga negara dalam upaya pembelaan negara!
5. salah satu fungsi negara adalah melaksanakan penertiban. Berikan penjelasan tentang fungsi penertiban!
Format Pengamatan Pelaksanan Diskusi
NO | Nama Siswa | Aspek | Jumlah Skor | Rata-rata Skor | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||||
| | | | | | | | |
Keterangan: 1. Keberanian mengemukakan pendapat
2. Keaktifan / Peran serta
3. Menghargai pendapat tema
4. Kerjasama dalam kelompok
5. Memecahkan masalah
6. Dapat diisi dengan aspek lainnya sesuai kebutuhan
Duduksampeyan, 16 Juli 2010
Mengetahui Guru Mata Pelajaran Guru Mata Pelajaran PKn Jakarta, …………………………….
Kepala SMPN 1 Dudukspy Guru Mata Pelajaran PKn
Drs. H. IMRON, M.Pd. Drs. D A R M O
Nip : 131 847 230 Nip : 131393227
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA SEKOLAH : SMP NEGERI 1 DUDUKSAMPEYAN
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
KELAS/SEMESTER : IX/I
STANDAR KOMPETENSI : Menampilkan partisipasi dalam usaha pembelaan negara
KOMPETENSI DASAR : 1.2 Menengidentifikasi bentuk-bentuk usahapembelaan negara
INDIKATOR : Menyebutkan bentuk-bentuk keikutsertaan warga negara dalam upaya pembelaan negara.
ALOKASI WAKTU : 4 X 40 menit ( 2 x pertemuan)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk keikut sertaan
warga negara dalam upaya pembelaan negara.
- MATERI PEMBELAJARAN:
Peran serta warga negara dalam usaha pembelaan negara
- METODA : Ceramah bervariasi, tanya jawab dan diskusi.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO | Kegiatan Belajar | Waktu | Ket |
1. | Pendahuluan a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas) b. Motivasi - Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan. | 10 menit | |
Pertemuan 1
NO | Kegiatan Belajar | Waktu | Ket |
2. 3. | . Kegiatan inti b. Penjelasan konsep seara umum tentang bentuk-bentuk keikut sertaan warga negara dalam upaya pembelaan negara c. Siswa menyimak dan mencermati uraian materi pokok tentang bentuk-bentuk keikut sertaan warga negara dalam upaya pembelaan negara. d. Siswa mengkaji UU No. 3 Th. 2002 dan membuat resume secara kelompok. e. Siswa mendiskusikan aplikasi UU No. 32 Th. 2002 pasal 9 dalam kehidupan masyarakat. f. Siswa dibagi kedalam 8 kelompok untuk mencari aplikasi UU No 3 Th. 2002 pasal 9 di media masa. Kegiatan Penutup a. Siswa dibimbing guru menyimpulkan materi untuk pemahaman siswa. b. Post Test c. tindak lanjut dengan memberi tugas kelompok untuk mencari informasi dari media masa dalam bentuk kliping tentanng keikutsertaan warga negara dalam upaya bela negara. | 60 menit 10 meniit | |
Pertemuan Ke-2
NO | Kegiatan Belajar | Waktu | Ket |
1. 2. 3. | Pendahuluan b. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas) b. Motivasi - Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan. - Informasi kompetensi yang ingin dicapai. Kegiatan inti a. Masinng-masing kelompok memprsiapkan diri untuk mempresentasikan kliping hasil karya kelompok b. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil karya kelompoknya, kemudian ditanggapi oleh kelompok lainnya. c. Guru memberikan klarifikasi terhadap hasil karya kelompok. d. Siswa berperan aktif dalam kegiatan tanya jawab kelas yang difasilitasi oleh guru.. Kegiatan Penutup a. Siswa dibimbing guru menyimpulkan materi untuk pemahaman siswa. b. Post Test c. Mengadakan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. | 10 menit 60 menit 10 menit | |
- PENILAIAN
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
- Sebutkan 3 peraturan perundang-undangan yang mengatur kewajiban membela negara!
- Sebutkanlah bentuk-bentuk keikutsertaan warga negara dalam upaya pembelaan negara!
- Sebutkanlah bunyi pasal 9 ayat 1 Undang-undang No.3 Tahun 2003!
Format Penilaian Kliping dan Presentasi
NO | Nama Siswa | Aspek | Jumlah Skor | Rerata Skor | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||||
| | | | | | | | |
Keterangan: 1. Kesesuaian antara judul dengan tema
2. Kerapihan/Estetika
3. Komentar kelompok terhadap isi kliping
4. Presentasi
5. Kemampuan argumentasi
.
Duduksampeyan, 16 Juli 2010
Mengetahui Guru Mata Pelajaran Guru Mata Pelajaran PKn Jakarta, …………………………….
Kepala SMPN 1 Dudukspy Guru Mata Pelajaran PKn
Drs. H. IMRON, M.Pd. Drs. D A R M O
Nip : 131 847 230 Nip : 131393227
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA SEKOLAH : SMP NEGERI 1 DUDUKSAMPEYAN
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
KELAS/SEMESTER : IX/I
STANDAR KOMPETENSI : 1. Menampilkan Partisipasi dalam Usaha Pembelaan Negara
KOMPETENSI DASAR : 1.3 Menampilkan Peran Serta Dalam Usaha Pembelaan
Negara.
INDIKATOR : - Menentukan sikap terhadap pihakpihak yang ingin menghancurkan NKRI
- Menunjukkan partisipasi dalam usah pembelaan negara di Lingkungannya
ALOKASI WAKTU : 8 X 40 MENIT (4 X Pertemuan)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Mengidentifikasi berbagai bentuk ancaman terhadap integritas NKRI
2. Membedakan ancaman yang bersifat tradisional dan non tradisional
3. Memberikan contoh tindakan yang menunjukkan upaya pembelaan negara
4. Menunjukkan partisipasi dalam usaha pembelaan negara di lingkungannya.
B. MATERI PEMBELAJARAN
1. Bentuk-bentuk ancaman terhadap integritas NKRI
2. Perbedaan ancaman yang bersifat tradisional dan non tradisional
3. Contoh tindakan yang menunjukkan upaya pembelaan negara
4. Partisipasi dalam usaha pembelaan negara di lingkungan masing-masing
C. METODE
Permainan (Game Kartu Berpasangan), Diskusi Kelas, Tanya Jawab dan Ceramah Bervariasi
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Ke-1
NO | Kegiatan Belajar | Waktu | Ket |
1. 2. 3. | Pendahuluan a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas) b. Motivasi - Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan. - Informasi kompetensi yang ingin dicapai. Kegiatan inti a. Penjelasan konsep secara umum tentang pembelaan negara b. Tiap siswa dibneri kesempatan untuk memilih satu kartu soal- jawab yang telah disiapkan, yang berkenaan dengan materi bentuk-bentuk ancaman terhadap integritas NKRI c. Seluruh siswa diminta untuk meninggalkan kelas (dapat dilakukan di teras kelas) dan diberi waktu sekitar 10 menit untuk mencari pasangannya masing-masing Siswa yang telah menemukan pasangannya di minta untuk masuk dalam kelas dan duduk bersisian menurut pasangannnya masing-masing. d. Setelah semua siswa menemukan pasangannya dan masuk kelas, tiap pasangan secara bergantian diminta untuk tampil di depan kelas dan membacakan isi kartunya masing-masing, (Pasangan yang lain di minta untuk memperhatikan). Kegiatan ini dilanjutkan sampai seluruh pasangan selesai menampilkan dan membacakan isi kartunya. Bagi yang salah pasangan. (Soal dan Jawaban tidak sesuai), diberi sanksi yang telah disepakati sebelumnya). Kegiatan Penutup a. Guru bersama siswa menyimpulkan materi. b. Post Test c. tindak lanjut dengan memberi tugas rumah guna mempersiapkan materi yang akan datang untuk persiapan tanya jawab | 10 menit 60 menit 10 menit | |
Pertemuan Ke-2
NO | Kegiatan Belajar | Waktu | Ket |
1. 2. 3. | Pendahuluan a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas) b. Motivasi o Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang lalu dan yang akan diajarkan. o Informasi kompetensi yang ingin dicapai. Kegiatan Inti a. Penjelasan konsep secara umum tentang ancaman bagi NKRI. b. Siswa menelaah dan menyimak buku paket, kuhusnya materi tentang ancaman yang bersifat tradisional dan non tradisional, dan mencatat hasilnya. c. Kegiatan tanya jawab kelas yang dipandu oleh guru berkaitan dengan ancaman bagi NKRI baik yang bersifat tradisional maupun non tradisional. Kegiatan Penutup a. Siswa dan guru bersama-sama menyimpulkan materi . b. Siswa mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan guru. | 10 menit 60 menit 10 menit | |
Pertemuan Ke-3
NO | Kegiatan Belajar | Waktu | Ket |
1. 2. 3. | Pendahuluan a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas) b. Motivasi - Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan. - Informasi kompetensi yang ingin dicapai. Kegiatan inti a. Penjelasan secara umum mengenai tindakan-tindakan dalam upaya pembelaan negara. b. Guru meminta kepada seluruh siswa untuk berdiskusi dengan teman duduknya masing-masing mengenai contoh-contoh tindakan yang menunjukkan upaya pembelaan negara dan mencatat hasilnya. c. Selanjutnya setiap pasangan diminta menampilkan di depan kelas rumusan hasil diskusi mereka, dan pasangan yang lain diminta untuk memperhatikan dan mencermati hasil diskusi yang disampaikan di depan kelas.Kegiatan ini dilanjutkan sampai separuh jumlah pasangan telah menampilkan hasil rumusan mereka. Kegiatan Penutup d. Guru bersama siswa menyimpulkan materi. e. Post Test f. tindak lanjut dengan memberi tugas rumah guna mempersiapkan materi yang akan datang untuk persiapan disklusi kelompok. | 10 menit 60 menit 10 menit | |
Pertemuan Ke-4
NO | Kegiatan Belajar | Waktu | Ket |
1. 2. 3. | Pendahuluan a. Apersepsi Menyiapkan kelas untuk kegiatan pembelajaran b. Motivasi · Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan menayangkan ngambar-gambar melalui layar OHP terntang partisipasi warga negara dalam usaha pembelaan negara di lingkungannya masing-masing. · Informasi kompetensi yang ingin dicapai. Kegiatan inti a. Penjelasan konsep secara umum tentang partisipasi warga negara dalam usaha pembelaan negara di lingkungannya masing-masing. b. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok berjumlah 4 – 5 siswa. Selanjutnya setiap kelompok menelaan melalui hasil pengamatan di lingkungannya dan berbagai buku sumber tentang partisipasi warga negara dalam usaha pembelaan negara di lingkungannya . Selanjutnya mendiskusikan dalam kelompoknya masing-masing hasil temuan mereka. c. Setiap kelompok diminta tampil untuk mempresentasekan hasil diskusi kelompoknya melalui salah seorang perwakilan mereka dan kelompok lain diminta untuk menanggapi. d. Kegiatan selanjutnya adalah guru memberikan klarifikasi mengenai partisipasi warga negara dalam usaha pembelaan negara di lingkungannya. Kegiatan Penutup a. Guru bersama siswa menyimpulkan materi. b. Post Test c. Tindak lanjut dengan memberi tugas rumah guna mempersiapkan materi yang akan datang. | 10 menit 60 menit 10 menit | |
E. SUMBER BELAJAR
Ø Buku Paket PPKN Kelas IX
Ø UUD 1945 yang telah diamandemen
Ø UU No. 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara
Ø Artikel
Ø Buku-buku (sumber) lain yang relevant.
F. PENILAIAN
Penilaian dilakukan sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Penilaian tertulis diberikan setelah pertemuan ke empat. Sedangkan untuk pertemuan ke -1 s.d 3 penilaian lebih ditekankan melalui kegiatan tanya jawabdi kelas, aktivitas siswa saat diskusi, dan mengerjakan tugas-tugas. Adapun tekhnik penilaian yang digunakan adalah tes tertulis dengan bentuk uraian.
Petunjuk : Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan ringkas dan tepat !!
1. Kemukakan lima (5) bentuk ancaman terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia, menurut UU No. 3 Tahun 2002.
2. Sebutkan perbedaan antara ancaman yang bersifat tradisional dan ancaman yang bersifat non tradisional terhadap NKRI.
3. Jelaskan mengapa ancaman Non Tradisionil dapat membahayakan negara ?
4. Kemukakan empat (4) contoh keikutsertaan warga negara dalam upaya bela negara.
5. Tunjukkan empat (4) bentuk partisipasi warga negara dalam usaha pembelaan negara di lingkungannya masing-masing.
Duduksampeyan, 16 Juli 2010
Mengetahui Guru Mata Pelajaran Guru Mata Pelajaran PKn Jakarta, …………………………….
Kepala SMPN 1 Dudukspy Guru Mata Pelajaran PKn
Drs. H. IMRON, M.Pd. Drs. D A R M O
Nip : 131 847 230 Nip : 131393227
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA SEKOLAH : SMP NEGERI 1 DUDUKSAMPEYAN
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
KELAS/SEMESTER : IX/I
STANDAR KOMPETENSI : 2. Memahami Pelaksanaan Otonomi Daerah
KOMPETENSI DASAR : 2.1. Mendeskripsikan pengertian otonomi daerah.
INDIKATOR : - Mendefinisikan otonomi daerah
- Menjelaskan hakekat otonomi daerah
- Menjelaskan prinsip-prinsip otonomi daerah
ALOKASI WAKTU : 6 X 40 MENIT (3 X Pertemuan)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah Proses Belajar mengajar berlangsung, siswa dapat :
1. Mendefenisikan otonomi daerah
2. Menjelaskan hakikat otonomi daerah.
3. Menguraikan prinsip-prinsip otonomi daerah.
4. Mengidentifikasi hak dan kewajiban DPRD
5. Mengidentifikasi hak dan kewajiban kepala daerah.
B. MATERI PEMBELAJARAN
1. Pengertian otonomi daerah
2. Hakekat Otonomi Daerah
3. Asas-asas / Prinsip otonomi daerah.
4. Hak dan kewajiban DPRD
5. Hak dan kewajiban Kepala Daerah.
C. METODE
Ceramah bervariasi, tanya jawab dan penugasan
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Ke-1
NO | Kegiatan Belajar | Waktu | Ket |
1. 2. 3. | Pendahuluan a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas) b. Motivasi · Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan. · Informasi kompetensi yang ingin dicapai. Kegiatan inti a. Mengkaji UU No. 22 Th. 1999 dan UU No. 32 Th. 2004 tentang Pemerintahan Daerah b. Mendiskusikan pengertian, dan hakikat, otonomi daerah c. Siswa berperan aktif dalam kegiatan tanya jawab. Kegiatan Penutup a. Guru bersama siswa menyimpulkan materi. g. Post Test h. tindak lanjut dengan memberi tugas rumah guna mempersiapkan materi yang akan datang | 10 menit 60 menit 10 menit | |
Pertemuan Ke-2
NO | Kegiatan Belajar | Waktu | Ket |
1. 2. 3. | Pendahuluan a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas) b. Motivasi · Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang lalu dan yang akan diajarkan. · Informasi kompetensi yang ingin dicapai. Kegiatan inti a. Mengkaji UU No. 22 Th. 1999 dan UU No. 32 Th. 2004 tentang Pemerintahan Daerah b. Menguraikan prinsip-prinsip otonomi daerah c. Menguraikan asas-asas otonomi daerah d. Tanya jawab mengenai materi yang telah disampaikan. Kegiatan Penutup a. Guru bersama siswa menyimpulkan materi. b. Post Test c. Tindak lanjut dengan memberi tugas rumah guna mempersiapkan materi yang akan datang | 10 menit 60 menit 10 menit | |
Pertemuan Ke-3
NO | Kegiatan Belajar | Waktu | Ket |
1. 2. 3. | Pendahuluan a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas) b. Motivasi · Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang lalu dan yang akan diajarkan. · Informasi kompetensi yang ingin dicapai. Kegiatan inti a. Mengkaji buku teks tentang pentingnya partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan daerah. b. Penjelasan pentingnya partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan kebijakan di daerah c. Tanya jawab mengenai materi partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan-kebijakan di daerah Kegiatan Penutup a. Guru bersama siswa menyimpulkan materi. b. Post Test c. Tindak lanjut dengan memberi tugas rumah guna mempersiapkan materi yang akan datang | 10 menit 60 menit 10 menit | |
E. SUMBER BELAJAR
Ø Buku Paket PPKN Kelas IX
Ø UUD 1945 yang telah diamandemen
Ø UU No.22 Tahun 1999 jo. UU No. 32 Tahun 2004 tentang Otonomi Daerah
Ø Artikel
Ø Buku-buku (sumber) lain yang relevant.
F. PENILAIAN
Penilaian dilakukan sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Penilaian tertulis diberikan setelah pertemuan ke empat. Sedangkan untuk pertemuan ke -1 s.d 3 penilaian lebih ditekankan melalui kegiatan tanya jawabdi kelas, aktivitas siswa saat diskusi, dan mengerjakan tugas-tugas. Adapun tekhnik penilaian yang digunakan adalah tes tertulis dengan bentuk pilihan ganda dan uraian.
Bagian I
Petunjuk : Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan ringkas dan tepat !!
1. Kemukakan defenisi otonomi daerah
2. Jelaskan tujuan diadakannya otonomi daerah
3. Sebutukan dan jelaskan asas-asas otonomi daerah
4. Uraikan manfaat dari adanya otonomi daerah
5. Jelaskan akibat (dampak negatif) dari adanya otonomi daerah
Bagian II
Petunjuk : Pilihlah salah satu jawaban di bawah ini dengan cara memberi tanda silang pada alternatif yang benar diantara empat kemungkinan jawaban yang tersedia.!!
1. Peraturan yang mengatur tentang otonomi daerah yang berlaku sekarang adalah ....
a. UU No. 20 / 1980 b. UU No. 22 / 1999 c. UU No. 30/ 2003 d. UU No. 32 / 2004
2. Salah satu prinsip penyelenggaraan otonomi daerah adalah.............
a. Pemerataan
b. Kesamaan
c. Keselarasan
d. Partisipasi
3. Kewenangan daerah, mencakup kewenangan dalamseluruh bidang pemerintahan, kecuali...........
a. Peradila b. Pembangunan c. Ekonomi d. Kesehatam
4. Menurut UUD 1945 Pasal 18 ayat (1), Pemerintah Daerah berhak menetapkan Peraturan Daerah dan peraturan-peraturan lain untuk melaksanakan.........................
a. Otonomi dan Tugas Pembantuan c. Otonomi daerah
b. Tugas Pembantuan d. Tugas Otonomi
5. Apabila kebijakan publik tidak menjamin adanya kepastian hukum dalam masyarakat, maka pelaksanaannya.....
a. Masyarakat langsung melakukan demonstrasi
b. Tidak menanggapi, karena tidak bersangkutan
c. Tetap mematuhi semua kebijakan publik
d. Kurang mendapat tanggapan dari masyarakat
Duduksampeyan, 16 Juli 2010
Mengetahui Guru Mata Pelajaran Guru Mata Pelajaran PKn Jakarta, …………………………….
Kepala SMPN 1 Dudukspy Guru Mata Pelajaran PKn
Drs. H. IMRON, M.Pd. Drs. D A R M O
Nip : 131 847 230 Nip : 131393227
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA SEKOLAH : SMP NEGERI 1 DUDUKSAMPEYAN
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
KELAS/SEMESTER : IX/I
STANDAR KOMPETENSI : 2. Memahami Pelaksanaan Otonomi Daerah
KOMPETENSI DASAR : 2.2. Menjelaskan pentingnya partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan publik di daerah.
INDIKATOR : - Menguraikan pentingnya partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan publik di daerah
- Menganalisis konsekwensi tidak aktifnya masyarakat dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik di daerah
ALOKASI WAKTU : 8 X 40 MENIT (4 X Pertemuan)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah Proses Belajar mengajar berlangsung, siswa dapat :
1. Menjelaskan hakikat kebijakan publik
2. Mengidentifikasi ciri-ciri kebijakan publik
3. Menyebutkan lembaga-lembaga yang berhak mengeluarkan kebijakan publik
4. Mengemukakan secara sistematis langkah-langkah perumusan kebijakan publik
5. Mengemukakan faktor-faktor yang menyebabkan masyarakat tidak mau melaksanakan kebijakan publik di daerah.
6. Menunjukkand dampak negatif apabila warga negara tidak aktif berpartisipasi dalam perumusan kebijakan publik
B. MATERI PEMBELAJARAN
1. Hakikat kebijakan publik
2. Ciri-ciri kebijakan publik
3. Lembaga-lembaga yang berhak mengeluarkan kebijakan publik
4. Langkah-langkah perumusan kebijakan publik
5. Faktor-faktor yang menyebabkan masyarakat tidak mau melaksanakan kebijakan publik di daerah.
6. Ddampak positif dan dampak negatif apabila wagra negara aktif dan tidak aktif berpartisipasi dalam perumusan kebijakan publik
C. METODE
Ceramah bervariasi, tanya jawab dan penugasan
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Ke-1
NO | Kegiatan Belajar | Waktu | Ket |
1. 2. 3. | Pendahuluan a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas) b. Motivasi · Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan. · Informasi kompetensi yang ingin dicapai. · Siswa membagi diri ke dalam kelompok-kelompok Kegiatan inti a. Penjelasan konsep secara umum tentang hakekat kebijakan publik b. Siswa membaca dan mendiskusikan serta mengerjakan tugas-tugas yang ada dalam LKS c. Siswa dengan difasilitasi oleh guru mendiskusikan dan membahas LKS. d. Siswa menyimak penjelasan dan klarifikasi guru mengenai konsep, hakikat dan ciri-ciri kebijakan publik e. Siswa berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab kelas yang difasilitasi oleh guru f. Siswa mempresentasekan hasil tugas kelompok tentang hakekat dan ciri-ciri kebijakan publik. Kegiatan Penutup a. Siswa dengan dibimbing dan difasilitasi oleh guru membuat rangkuman materi tentang hakekat dan ciri-ciri kebijakan publik. b. Pos Test c. Siswa mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan oleh guru. | 10 menit 60 menit 10 menit | |
Pertemuan Ke-2
NO | Kegiatan Belajar | Waktu | Ket |
1. 2. 3. | Pendahuluan a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas) b. Motivasi · Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang lalu dan yang akan diajarkan. · Informasi kompetensi yang ingin dicapai. Kegiatan inti a. Penjelasan konsep secara umum tentang lembaga-lembaga yang mengeluarkan kebijakan publik b. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok c. Tiap kelompok menelaah dan mendiskusikan serta mengerjakan tugas-tugas yang ada dalam LKS d. Siswa dengan difasilitasi oleh guru mendiskusikan dan membahas LKS e. Siswa mempresentasekan hasil tugas kelompok tentang lembaga-lembaga yang berhak mengeluarkan kebijakan publik Kegiatan Penutup a. Guru bersama siswa menyimpulkan materi. b. Post Test c. Tindak lanjut dengan memberi tugas rumah guna mempersiapkan materi yang akan datang | 10 menit 60 menit 10 menit | |
Pertemuan Ke-3
NO | Kegiatan Belajar | Waktu | Ket |
1. 2. 3. | Pendahuluan a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas) b. Motivasi · Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang lalu dan yang akan diajarkan. · Informasi kompetensi yang ingin dicapai. Kegiatan inti a. Penjelasan konsep secara umum tentang langkah-langkah perumusan kebijakan publik b. Membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok beranggota 4-5 orang c. Masing-masing kelompok membahas langkah-langkah perumusan kebijakan publik d. Setiap kelompok melakukan presentase dengan menunjuk satu orang sebagai juru bicara, dan kelompok lain menanggapinya. e. Klarifikasi dari guru terhadap langkah-langkah perumusan kebijakan publik. Kegiatan Penutup a. Guru bersama siswa menyimpulkan materi. b. Post Test c. Tindak lanjut dengan memberi tugas rumah | 10 menit 60 menit 10 menit | |
Pertemuan Ke-4
NO | Kegiatan Belajar | Waktu | Ket |
1. 2. 3. | Pendahuluan a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas) b. Motivasi · Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang lalu dan yang akan diajarkan. · Informasi kompetensi yang ingin dicapai. Kegiatan inti a. Penjelasan secara umum tentang faktor-faktor yang menyebabkan masyarakat tidak mau melaksanakan kebijakan publik di daerah. b. Penjelasan umum tentang dampak positif dan dampak negatif warga negara yang aktif dan tidak aktif berpartisipasi dalam perumusan kebijakan publik. c. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, selanjutnya masing-masing kelompok mendiskusikan materi yang diberikan oleh guru. d. Setiap kelompok melakukan presentasi dengan menunjuk satu orang sebagai juru bicara, dan kelompok lain diminta untuk menanggapinya. e. Klarifikasi dari guru tentang faktor-faktor yang menyebabkan masyarakat tidak mau melaksanakan kebijakan publik di daerah serta dampak positif dan dampak negatif warga negara yang aktif dan tidak aktif berpartisipasi dalam perumusan kebijakan publik. Kegiatan Penutup a. Guru bersama siswa menyimpulkan materi. b. Post Test | 10 menit 60 menit 10 menit | |
E. SUMBER BELAJAR
Ø Buku Paket PPKN Kelas IX
Ø UUD 1945 yang telah diamandemen
Ø UU No32 Tahun 2004
Ø Artikel atau guntingan koran untuk buat klipping.
Ø Buku-buku (sumber) lain yang relevant.
F. PENILAIAN
Penilaian dilakukan sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Penilaian tertulis diberikan setelah pertemuan ke empat. Sedangkan untuk pertemuan ke -1 s.d 3 penilaian lebih ditekankan melalui kegiatan tanya jawabdi kelas, aktivitas siswa saat diskusi, dan mengerjakan tugas-tugas. Adapun tekhnik penilaian yang digunakan adalah tes tertulis dengan bentuk pilihan ganda dan uraian.
Bagian I
1. Segala kebijakan, baik yang berkait dengan hukum, peraturan perundangan lainnya yang
ditujukan untuk kepentingan masyarakat banyak dan dibuat oleh lembaga yang
berwenang disebut.....
a. Kebijakan atasan b. Kepentingan kelompok c. Kebijakan publik d. Peraturan daerah
2. Perhatikan pernyataan di bawah ini
a. ditujukan untuk kepentingan umum
b. dibuat oleh yang berwenang
c. kebijakan yang berkaitan dengan hukum dan peraturan perundangan
d. ditujukan untuk kelompok tertentu
Dari pernyataan diatas, yang bukan ciri-ciri kebijakan publik adalah......
a. Nomor 1 b. Nomor 2 c. Nomor 3 d. Nomor 4
3. UU adalah kebijakan publik yang dikeluarkan lembaga .......
a. Presiden b. DPR c. Presiden dan DPR d. MPR
4. Perhatikan pernyataan di bawah ini................
1. evaluasi kebijakan publik
2. perumusan kebijakan publik
3. isu / masalah publik
4. penerapan kebijakan publik
Langkah-langkah perumusan kebijakan publik yang paling benar adalah........
a. 3, 4, 2, 1
b. 3, 2, 4, 1
c. 3, 4, 1, 2
d. 2, 1, 4, 3
5. Faktor eksternal (faktor dari luar) yang menyebabkan masyarakat tidak mau melaksanakan kebijakan publik di daerah adalah....
a. Masyarakat tidak tahu prosedur berpartisipasi
b. Masyarakat tidak mau tahu
c. Masyarakat telah terbiasa pada pola lama, yaitu pembuatan peraturan tanpa keterlibatan masyarakat
d. Adanya anggapan bahwa keterlibatan masyarakat justru akan memperlambat proses pembuatan kebijakan publik.
6. Di bawah ini adalah pernyataan yang menunjukkan konsekwensi akibat ketidak aktifan masyarakat dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik, kecuali.....
a. Kebijakan publik yang dibuat tidak sesuai dengan kepentingan masyarakat
b. Kebijakan publik hanya menguntungkan kelompok atau golongan tertentu
c. Kebijakan publik dapat dimanfaatkan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.
d. Kebijakan publik yang dikeluarkan dapat mengayomi masyarakat
7. Bentuk kebijakan publik di daerah adalah...
a. UU b. Peraturan Pemerintah c. Peraturan daerah d. Peraturan Desa
8. Penyelesaian masalah, apakah akan dimasukkan dalam perumusan peraturan desa / daerah atau tidak berada pada tahap....
a. Penyusunan agenda b. Perumusan kebijakan c. Penetapan kebijakan d. Pelaksanaan kebijakan
9. Yang bukan merupakan dampak negatif yang dapat merugikan masyarakat akibat dari kebijakan publik adalah....
a. Perumusan kebijakan publik di daerah tidak memenuhi hak-hak rakyat secara menyeluruh
b. Kebijakan publik itu bisa jadi tidak sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat
c. Kebijakan publik itu dapat tidak sejalan atau bahkan bertentangan dengan nilai-nilai masyarakat
d. Kebijakan publik akan mensejahterakan seluruh lapisan masyarakat
10. Pemeran tidak resmi dalam perumusan kebijakan publik adalah....
a. Warga negara atau individu b. DPD c. DPRD d. BPD
Duduksampeyan, 16 Juli 2010
Mengetahui Guru Mata Pelajaran Guru Mata Pelajaran PKn Jakarta, …………………………….
Kepala SMPN 1 Dudukspy Guru Mata Pelajaran PKn
Drs. H. IMRON, M.Pd. Drs. D A R M O
Nip : 131 847 230 Nip : 131393227
NAMA SEKOLAH : SMP NEGERI 1 DUDUKSAMPEYAN
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
KELAS/SEMESTER : IX/I
STANDAR KOMPETENSI : Menampilkan partisipasi dalam usaha pembelaan negara
KOMPETENSI DASAR : 1.1 Menjelaskan pentingnya usaha pembelaan negara
INDIKATOR : - Menguraikan unsur-unsur negara
- Menentukan fungsi negara
- Menemukan hak – hak dan kewajiban warga negara dalam pembelaan negara.
- Memberikan contoh tindakan upaya bela negara.
ALOKASI WAKTU : 4 X 40 menit ( 2 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa dapat :
· Menguraikan unsur-unsur negara
· Menentukan fungsi negara
· Menentukan hak dan kewajiban warga negara dalam pembelaan negara
· Memberikan contoh tindakan upaya bela negara
B. Materi Pembelajaran :
· unsur-unsur negara
· fungsi negara
· hak dan kewajiban warga negara dalam pembelaan negara
· contoh tindakan upaya bela negara
C. Metoda : Ceramah bervariasi, tanya jawab, dan diskusi.
D.Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
NO | Kegiatan Belajar | Waktu | Ket |
1. 2. 3. | Pendahuluan a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas) b. Motivasi - Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan. - Informasi kompetensi yang ingin dicapai. Kegiatan inti
Kegiatan Penutup a. Siswa dibimbing guru menyimpulkan materi untuk pemahaman siswa. b. Post Test c. tindak lanjut dengan memberi tugas rumah guna mempersiapkan materi yang akan datang untuk persiapan diskusi kelas | 10 menit 60 menit 10 menit | |
Pertemuan Ke-2
NO | Kegiatan Belajar | Waktu | Ket |
1. 2. 3. | Pendahuluan b. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas) b. Motivasi - Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan. - Informasi kompetensi yang ingin dicapai. Kegiatan inti a. Penjelasan konsep secara umum tentang pembelaan negara. b. Masing-masing kelompok mempersiapkan diri untuk melalkukan presentasi dari hasil diskusi kelomppok. c. Setiap kelompok melakukan presentasi untuk ditanggapi oleh kelompok yang lain. d. Klarifikasi dari guru tentang hak dan kewajiban warga negara dalam pembelaan negara Kegiatan Penutup a. Siswa dibimbing guru menyimpulkan materi untuk pemahaman siswa. b. Post Test c. tindak lanjut dengan memberi tugas rumah guna mempersiapkan materi yang akan datang. | 10 menit 60 menit 10 menit | |
- Sumber Belajar
· Buku Materi PKn Kelas 9
· UUD 1945 setelah amandemen
· UU No. 20 tahun 1982
· UU No. 3 tahun 2002
- Penilaian
Penilaian dilakukan sebelum, selama dan sesudah proses pembelajaran. Penilaian tertulis diberikan setelah pertemuan ke 2. Sedangkan pertemuan pertama dan kedua penilaian lebih ditekankan melalui kegiatan tanya jawab, aktivitas saat diskusi kelompok, substansi isi materi diskusi kelompok dan presentasi.
Bagian 1
Pilihlah salah satu jawaban di bawah in dengan cara memberi tanda silang (X) pada jawaban yang palling benar!
1. Pasal-pasal dalam UUD 1945 yang mengatur tentang bela negara adalah.....
a. 27 dan 28 c. 27 dan 30
b. 28 dan 30 d. 29 dan 30
2. Pertahanan negara diatur dalam UU No....
a. 2 Tahun 2000 c. 3 Tahun 2002
b. 2 Tahun 2002 d. 3 Tahun 2003
3. Menurut UU pertahanan negara upaya bela negara selain kewajiban dasar manusia juga merupakan ....
a. hak warga negara
b. kehormatan bagi warga negara
c. tanggung jawab moral
d. kewajiban bagi setiap warga negara
4. Keikutsertaan warga negara dalam upaya bela negara diselenggarakan melalui seperti
tersebut di bawah ini kecuali..
a. Pendidikan Kewarganegaraan
b. pelatihan dasar kemiliteran secara wajib
c. pengabdian sesuai dengan profesi
d. menggerakkan komponen bangsa
5. contoh partisipasi pelajar dalam bela negara adalah ....
a. belajar dengan tekun agar berhasil dalam lomba olympiade matematika sebagai duta bangsa
b. berjuang melawan penjajah
c. menguasai ilmu kemiliteran
d. siap berjuang melawan mus
bagian 2.
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan tepat!
1. Sebutkan 3 unsur pokok berdirinya suatu negara!
2. Sebutkan 4 fungsi negara !
3. Jelaskan pengertian ancaman militer!
4. Sebutkan 3 bentuk keikut sertaan warga negara dalam upaya pembelaan negara!
5. salah satu fungsi negara adalah melaksanakan penertiban. Berikan penjelasan tentang fungsi penertiban!
Format Pengamatan Pelaksanan Diskusi
NO | Nama Siswa | Aspek | Jumlah Skor | Rata-rata Skor | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||||
| | | | | | | | |
Keterangan: 1. Keberanian mengemukakan pendapat
2. Keaktifan / Peran serta
3. Menghargai pendapat tema
4. Kerjasama dalam kelompok
5. Memecahkan masalah
6. Dapat diisi dengan aspek lainnya sesuai kebutuhan
Duduksampeyan, 16 Juli 2010
Mengetahui Guru Mata Pelajaran Guru Mata Pelajaran PKn Jakarta, …………………………….
Kepala SMPN 1 Dudukspy Guru Mata Pelajaran PKn
Drs. H. IMRON, M.Pd. Drs. D A R M O
Nip : 131 847 230 Nip : 131393227
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA SEKOLAH : SMP NEGERI 1 DUDUKSAMPEYAN
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
KELAS/SEMESTER : IX/I
STANDAR KOMPETENSI : Menampilkan partisipasi dalam usaha pembelaan negara
KOMPETENSI DASAR : 1.2 Menengidentifikasi bentuk-bentuk usahapembelaan negara
INDIKATOR : Menyebutkan bentuk-bentuk keikutsertaan warga negara dalam upaya pembelaan negara.
ALOKASI WAKTU : 4 X 40 menit ( 2 x pertemuan)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk keikut sertaan
warga negara dalam upaya pembelaan negara.
- MATERI PEMBELAJARAN:
Peran serta warga negara dalam usaha pembelaan negara
- METODA : Ceramah bervariasi, tanya jawab dan diskusi.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO | Kegiatan Belajar | Waktu | Ket |
1. | Pendahuluan a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas) b. Motivasi - Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan. | 10 menit | |
Pertemuan 1
NO | Kegiatan Belajar | Waktu | Ket |
2. 3. | . Kegiatan inti b. Penjelasan konsep seara umum tentang bentuk-bentuk keikut sertaan warga negara dalam upaya pembelaan negara c. Siswa menyimak dan mencermati uraian materi pokok tentang bentuk-bentuk keikut sertaan warga negara dalam upaya pembelaan negara. d. Siswa mengkaji UU No. 3 Th. 2002 dan membuat resume secara kelompok. e. Siswa mendiskusikan aplikasi UU No. 32 Th. 2002 pasal 9 dalam kehidupan masyarakat. f. Siswa dibagi kedalam 8 kelompok untuk mencari aplikasi UU No 3 Th. 2002 pasal 9 di media masa. Kegiatan Penutup a. Siswa dibimbing guru menyimpulkan materi untuk pemahaman siswa. b. Post Test c. tindak lanjut dengan memberi tugas kelompok untuk mencari informasi dari media masa dalam bentuk kliping tentanng keikutsertaan warga negara dalam upaya bela negara. | 60 menit 10 meniit | |
Pertemuan Ke-2
NO | Kegiatan Belajar | Waktu | Ket |
1. 2. 3. | Pendahuluan b. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas) b. Motivasi - Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan. - Informasi kompetensi yang ingin dicapai. Kegiatan inti a. Masinng-masing kelompok memprsiapkan diri untuk mempresentasikan kliping hasil karya kelompok b. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil karya kelompoknya, kemudian ditanggapi oleh kelompok lainnya. c. Guru memberikan klarifikasi terhadap hasil karya kelompok. d. Siswa berperan aktif dalam kegiatan tanya jawab kelas yang difasilitasi oleh guru.. Kegiatan Penutup a. Siswa dibimbing guru menyimpulkan materi untuk pemahaman siswa. b. Post Test c. Mengadakan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. | 10 menit 60 menit 10 menit | |
- PENILAIAN
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
- Sebutkan 3 peraturan perundang-undangan yang mengatur kewajiban membela negara!
- Sebutkanlah bentuk-bentuk keikutsertaan warga negara dalam upaya pembelaan negara!
- Sebutkanlah bunyi pasal 9 ayat 1 Undang-undang No.3 Tahun 2003!
Format Penilaian Kliping dan Presentasi
NO | Nama Siswa | Aspek | Jumlah Skor | Rerata Skor | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||||
| | | | | | | | |
Keterangan: 1. Kesesuaian antara judul dengan tema
2. Kerapihan/Estetika
3. Komentar kelompok terhadap isi kliping
4. Presentasi
5. Kemampuan argumentasi
.
Duduksampeyan, 16 Juli 2010
Mengetahui Guru Mata Pelajaran Guru Mata Pelajaran PKn Jakarta, …………………………….
Kepala SMPN 1 Dudukspy Guru Mata Pelajaran PKn
Drs. H. IMRON, M.Pd. Drs. D A R M O
Nip : 131 847 230 Nip : 131393227
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA SEKOLAH : SMP NEGERI 1 DUDUKSAMPEYAN
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
KELAS/SEMESTER : IX/I
STANDAR KOMPETENSI : 1. Menampilkan Partisipasi dalam Usaha Pembelaan Negara
KOMPETENSI DASAR : 1.3 Menampilkan Peran Serta Dalam Usaha Pembelaan
Negara.
INDIKATOR : - Menentukan sikap terhadap pihakpihak yang ingin menghancurkan NKRI
- Menunjukkan partisipasi dalam usah pembelaan negara di Lingkungannya
ALOKASI WAKTU : 8 X 40 MENIT (4 X Pertemuan)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Mengidentifikasi berbagai bentuk ancaman terhadap integritas NKRI
2. Membedakan ancaman yang bersifat tradisional dan non tradisional
3. Memberikan contoh tindakan yang menunjukkan upaya pembelaan negara
4. Menunjukkan partisipasi dalam usaha pembelaan negara di lingkungannya.
B. MATERI PEMBELAJARAN
1. Bentuk-bentuk ancaman terhadap integritas NKRI
2. Perbedaan ancaman yang bersifat tradisional dan non tradisional
3. Contoh tindakan yang menunjukkan upaya pembelaan negara
4. Partisipasi dalam usaha pembelaan negara di lingkungan masing-masing
C. METODE
Permainan (Game Kartu Berpasangan), Diskusi Kelas, Tanya Jawab dan Ceramah Bervariasi
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Ke-1
NO | Kegiatan Belajar | Waktu | Ket |
1. 2. 3. | Pendahuluan a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas) b. Motivasi - Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan. - Informasi kompetensi yang ingin dicapai. Kegiatan inti a. Penjelasan konsep secara umum tentang pembelaan negara b. Tiap siswa dibneri kesempatan untuk memilih satu kartu soal- jawab yang telah disiapkan, yang berkenaan dengan materi bentuk-bentuk ancaman terhadap integritas NKRI c. Seluruh siswa diminta untuk meninggalkan kelas (dapat dilakukan di teras kelas) dan diberi waktu sekitar 10 menit untuk mencari pasangannya masing-masing Siswa yang telah menemukan pasangannya di minta untuk masuk dalam kelas dan duduk bersisian menurut pasangannnya masing-masing. d. Setelah semua siswa menemukan pasangannya dan masuk kelas, tiap pasangan secara bergantian diminta untuk tampil di depan kelas dan membacakan isi kartunya masing-masing, (Pasangan yang lain di minta untuk memperhatikan). Kegiatan ini dilanjutkan sampai seluruh pasangan selesai menampilkan dan membacakan isi kartunya. Bagi yang salah pasangan. (Soal dan Jawaban tidak sesuai), diberi sanksi yang telah disepakati sebelumnya). Kegiatan Penutup a. Guru bersama siswa menyimpulkan materi. b. Post Test c. tindak lanjut dengan memberi tugas rumah guna mempersiapkan materi yang akan datang untuk persiapan tanya jawab | 10 menit 60 menit 10 menit | |
Pertemuan Ke-2
NO | Kegiatan Belajar | Waktu | Ket |
1. 2. 3. | Pendahuluan a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas) b. Motivasi o Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang lalu dan yang akan diajarkan. o Informasi kompetensi yang ingin dicapai. Kegiatan Inti a. Penjelasan konsep secara umum tentang ancaman bagi NKRI. b. Siswa menelaah dan menyimak buku paket, kuhusnya materi tentang ancaman yang bersifat tradisional dan non tradisional, dan mencatat hasilnya. c. Kegiatan tanya jawab kelas yang dipandu oleh guru berkaitan dengan ancaman bagi NKRI baik yang bersifat tradisional maupun non tradisional. Kegiatan Penutup a. Siswa dan guru bersama-sama menyimpulkan materi . b. Siswa mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan guru. | 10 menit 60 menit 10 menit | |
Pertemuan Ke-3
NO | Kegiatan Belajar | Waktu | Ket |
1. 2. 3. | Pendahuluan a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas) b. Motivasi - Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan. - Informasi kompetensi yang ingin dicapai. Kegiatan inti a. Penjelasan secara umum mengenai tindakan-tindakan dalam upaya pembelaan negara. b. Guru meminta kepada seluruh siswa untuk berdiskusi dengan teman duduknya masing-masing mengenai contoh-contoh tindakan yang menunjukkan upaya pembelaan negara dan mencatat hasilnya. c. Selanjutnya setiap pasangan diminta menampilkan di depan kelas rumusan hasil diskusi mereka, dan pasangan yang lain diminta untuk memperhatikan dan mencermati hasil diskusi yang disampaikan di depan kelas.Kegiatan ini dilanjutkan sampai separuh jumlah pasangan telah menampilkan hasil rumusan mereka. Kegiatan Penutup d. Guru bersama siswa menyimpulkan materi. e. Post Test f. tindak lanjut dengan memberi tugas rumah guna mempersiapkan materi yang akan datang untuk persiapan disklusi kelompok. | 10 menit 60 menit 10 menit | |
Pertemuan Ke-4
NO | Kegiatan Belajar | Waktu | Ket |
1. 2. 3. | Pendahuluan a. Apersepsi Menyiapkan kelas untuk kegiatan pembelajaran b. Motivasi · Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan menayangkan ngambar-gambar melalui layar OHP terntang partisipasi warga negara dalam usaha pembelaan negara di lingkungannya masing-masing. · Informasi kompetensi yang ingin dicapai. Kegiatan inti a. Penjelasan konsep secara umum tentang partisipasi warga negara dalam usaha pembelaan negara di lingkungannya masing-masing. b. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok berjumlah 4 – 5 siswa. Selanjutnya setiap kelompok menelaan melalui hasil pengamatan di lingkungannya dan berbagai buku sumber tentang partisipasi warga negara dalam usaha pembelaan negara di lingkungannya . Selanjutnya mendiskusikan dalam kelompoknya masing-masing hasil temuan mereka. c. Setiap kelompok diminta tampil untuk mempresentasekan hasil diskusi kelompoknya melalui salah seorang perwakilan mereka dan kelompok lain diminta untuk menanggapi. d. Kegiatan selanjutnya adalah guru memberikan klarifikasi mengenai partisipasi warga negara dalam usaha pembelaan negara di lingkungannya. Kegiatan Penutup a. Guru bersama siswa menyimpulkan materi. b. Post Test c. Tindak lanjut dengan memberi tugas rumah guna mempersiapkan materi yang akan datang. | 10 menit 60 menit 10 menit | |
E. SUMBER BELAJAR
Ø Buku Paket PPKN Kelas IX
Ø UUD 1945 yang telah diamandemen
Ø UU No. 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara
Ø Artikel
Ø Buku-buku (sumber) lain yang relevant.
F. PENILAIAN
Penilaian dilakukan sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Penilaian tertulis diberikan setelah pertemuan ke empat. Sedangkan untuk pertemuan ke -1 s.d 3 penilaian lebih ditekankan melalui kegiatan tanya jawabdi kelas, aktivitas siswa saat diskusi, dan mengerjakan tugas-tugas. Adapun tekhnik penilaian yang digunakan adalah tes tertulis dengan bentuk uraian.
Petunjuk : Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan ringkas dan tepat !!
1. Kemukakan lima (5) bentuk ancaman terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia, menurut UU No. 3 Tahun 2002.
2. Sebutkan perbedaan antara ancaman yang bersifat tradisional dan ancaman yang bersifat non tradisional terhadap NKRI.
3. Jelaskan mengapa ancaman Non Tradisionil dapat membahayakan negara ?
4. Kemukakan empat (4) contoh keikutsertaan warga negara dalam upaya bela negara.
5. Tunjukkan empat (4) bentuk partisipasi warga negara dalam usaha pembelaan negara di lingkungannya masing-masing.
Duduksampeyan, 16 Juli 2010
Mengetahui Guru Mata Pelajaran Guru Mata Pelajaran PKn Jakarta, …………………………….
Kepala SMPN 1 Dudukspy Guru Mata Pelajaran PKn
Drs. H. IMRON, M.Pd. Drs. D A R M O
Nip : 131 847 230 Nip : 131393227
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA SEKOLAH : SMP NEGERI 1 DUDUKSAMPEYAN
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
KELAS/SEMESTER : IX/I
STANDAR KOMPETENSI : 2. Memahami Pelaksanaan Otonomi Daerah
KOMPETENSI DASAR : 2.1. Mendeskripsikan pengertian otonomi daerah.
INDIKATOR : - Mendefinisikan otonomi daerah
- Menjelaskan hakekat otonomi daerah
- Menjelaskan prinsip-prinsip otonomi daerah
ALOKASI WAKTU : 6 X 40 MENIT (3 X Pertemuan)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah Proses Belajar mengajar berlangsung, siswa dapat :
1. Mendefenisikan otonomi daerah
2. Menjelaskan hakikat otonomi daerah.
3. Menguraikan prinsip-prinsip otonomi daerah.
4. Mengidentifikasi hak dan kewajiban DPRD
5. Mengidentifikasi hak dan kewajiban kepala daerah.
B. MATERI PEMBELAJARAN
1. Pengertian otonomi daerah
2. Hakekat Otonomi Daerah
3. Asas-asas / Prinsip otonomi daerah.
4. Hak dan kewajiban DPRD
5. Hak dan kewajiban Kepala Daerah.
C. METODE
Ceramah bervariasi, tanya jawab dan penugasan
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Ke-1
NO | Kegiatan Belajar | Waktu | Ket |
1. 2. 3. | Pendahuluan a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas) b. Motivasi · Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan. · Informasi kompetensi yang ingin dicapai. Kegiatan inti a. Mengkaji UU No. 22 Th. 1999 dan UU No. 32 Th. 2004 tentang Pemerintahan Daerah b. Mendiskusikan pengertian, dan hakikat, otonomi daerah c. Siswa berperan aktif dalam kegiatan tanya jawab. Kegiatan Penutup a. Guru bersama siswa menyimpulkan materi. g. Post Test h. tindak lanjut dengan memberi tugas rumah guna mempersiapkan materi yang akan datang | 10 menit 60 menit 10 menit | |
Pertemuan Ke-2
NO | Kegiatan Belajar | Waktu | Ket |
1. 2. 3. | Pendahuluan a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas) b. Motivasi · Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang lalu dan yang akan diajarkan. · Informasi kompetensi yang ingin dicapai. Kegiatan inti a. Mengkaji UU No. 22 Th. 1999 dan UU No. 32 Th. 2004 tentang Pemerintahan Daerah b. Menguraikan prinsip-prinsip otonomi daerah c. Menguraikan asas-asas otonomi daerah d. Tanya jawab mengenai materi yang telah disampaikan. Kegiatan Penutup a. Guru bersama siswa menyimpulkan materi. b. Post Test c. Tindak lanjut dengan memberi tugas rumah guna mempersiapkan materi yang akan datang | 10 menit 60 menit 10 menit | |
Pertemuan Ke-3
NO | Kegiatan Belajar | Waktu | Ket |
1. 2. 3. | Pendahuluan a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas) b. Motivasi · Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang lalu dan yang akan diajarkan. · Informasi kompetensi yang ingin dicapai. Kegiatan inti a. Mengkaji buku teks tentang pentingnya partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan daerah. b. Penjelasan pentingnya partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan kebijakan di daerah c. Tanya jawab mengenai materi partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan-kebijakan di daerah Kegiatan Penutup a. Guru bersama siswa menyimpulkan materi. b. Post Test c. Tindak lanjut dengan memberi tugas rumah guna mempersiapkan materi yang akan datang | 10 menit 60 menit 10 menit | |
E. SUMBER BELAJAR
Ø Buku Paket PPKN Kelas IX
Ø UUD 1945 yang telah diamandemen
Ø UU No.22 Tahun 1999 jo. UU No. 32 Tahun 2004 tentang Otonomi Daerah
Ø Artikel
Ø Buku-buku (sumber) lain yang relevant.
F. PENILAIAN
Penilaian dilakukan sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Penilaian tertulis diberikan setelah pertemuan ke empat. Sedangkan untuk pertemuan ke -1 s.d 3 penilaian lebih ditekankan melalui kegiatan tanya jawabdi kelas, aktivitas siswa saat diskusi, dan mengerjakan tugas-tugas. Adapun tekhnik penilaian yang digunakan adalah tes tertulis dengan bentuk pilihan ganda dan uraian.
Bagian I
Petunjuk : Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan ringkas dan tepat !!
1. Kemukakan defenisi otonomi daerah
2. Jelaskan tujuan diadakannya otonomi daerah
3. Sebutukan dan jelaskan asas-asas otonomi daerah
4. Uraikan manfaat dari adanya otonomi daerah
5. Jelaskan akibat (dampak negatif) dari adanya otonomi daerah
Bagian II
Petunjuk : Pilihlah salah satu jawaban di bawah ini dengan cara memberi tanda silang pada alternatif yang benar diantara empat kemungkinan jawaban yang tersedia.!!
1. Peraturan yang mengatur tentang otonomi daerah yang berlaku sekarang adalah ....
a. UU No. 20 / 1980 b. UU No. 22 / 1999 c. UU No. 30/ 2003 d. UU No. 32 / 2004
2. Salah satu prinsip penyelenggaraan otonomi daerah adalah.............
a. Pemerataan
b. Kesamaan
c. Keselarasan
d. Partisipasi
3. Kewenangan daerah, mencakup kewenangan dalamseluruh bidang pemerintahan, kecuali...........
a. Peradila b. Pembangunan c. Ekonomi d. Kesehatam
4. Menurut UUD 1945 Pasal 18 ayat (1), Pemerintah Daerah berhak menetapkan Peraturan Daerah dan peraturan-peraturan lain untuk melaksanakan.........................
a. Otonomi dan Tugas Pembantuan c. Otonomi daerah
b. Tugas Pembantuan d. Tugas Otonomi
5. Apabila kebijakan publik tidak menjamin adanya kepastian hukum dalam masyarakat, maka pelaksanaannya.....
a. Masyarakat langsung melakukan demonstrasi
b. Tidak menanggapi, karena tidak bersangkutan
c. Tetap mematuhi semua kebijakan publik
d. Kurang mendapat tanggapan dari masyarakat
Duduksampeyan, 16 Juli 2010
Mengetahui Guru Mata Pelajaran Guru Mata Pelajaran PKn Jakarta, …………………………….
Kepala SMPN 1 Dudukspy Guru Mata Pelajaran PKn
Drs. H. IMRON, M.Pd. Drs. D A R M O
Nip : 131 847 230 Nip : 131393227
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA SEKOLAH : SMP NEGERI 1 DUDUKSAMPEYAN
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
KELAS/SEMESTER : IX/I
STANDAR KOMPETENSI : 2. Memahami Pelaksanaan Otonomi Daerah
KOMPETENSI DASAR : 2.2. Menjelaskan pentingnya partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan publik di daerah.
INDIKATOR : - Menguraikan pentingnya partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan publik di daerah
- Menganalisis konsekwensi tidak aktifnya masyarakat dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik di daerah
ALOKASI WAKTU : 8 X 40 MENIT (4 X Pertemuan)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah Proses Belajar mengajar berlangsung, siswa dapat :
1. Menjelaskan hakikat kebijakan publik
2. Mengidentifikasi ciri-ciri kebijakan publik
3. Menyebutkan lembaga-lembaga yang berhak mengeluarkan kebijakan publik
4. Mengemukakan secara sistematis langkah-langkah perumusan kebijakan publik
5. Mengemukakan faktor-faktor yang menyebabkan masyarakat tidak mau melaksanakan kebijakan publik di daerah.
6. Menunjukkand dampak negatif apabila warga negara tidak aktif berpartisipasi dalam perumusan kebijakan publik
B. MATERI PEMBELAJARAN
1. Hakikat kebijakan publik
2. Ciri-ciri kebijakan publik
3. Lembaga-lembaga yang berhak mengeluarkan kebijakan publik
4. Langkah-langkah perumusan kebijakan publik
5. Faktor-faktor yang menyebabkan masyarakat tidak mau melaksanakan kebijakan publik di daerah.
6. Ddampak positif dan dampak negatif apabila wagra negara aktif dan tidak aktif berpartisipasi dalam perumusan kebijakan publik
C. METODE
Ceramah bervariasi, tanya jawab dan penugasan
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Ke-1
NO | Kegiatan Belajar | Waktu | Ket |
1. 2. 3. | Pendahuluan a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas) b. Motivasi · Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan. · Informasi kompetensi yang ingin dicapai. · Siswa membagi diri ke dalam kelompok-kelompok Kegiatan inti a. Penjelasan konsep secara umum tentang hakekat kebijakan publik b. Siswa membaca dan mendiskusikan serta mengerjakan tugas-tugas yang ada dalam LKS c. Siswa dengan difasilitasi oleh guru mendiskusikan dan membahas LKS. d. Siswa menyimak penjelasan dan klarifikasi guru mengenai konsep, hakikat dan ciri-ciri kebijakan publik e. Siswa berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab kelas yang difasilitasi oleh guru f. Siswa mempresentasekan hasil tugas kelompok tentang hakekat dan ciri-ciri kebijakan publik. Kegiatan Penutup a. Siswa dengan dibimbing dan difasilitasi oleh guru membuat rangkuman materi tentang hakekat dan ciri-ciri kebijakan publik. b. Pos Test c. Siswa mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan oleh guru. | 10 menit 60 menit 10 menit | |
Pertemuan Ke-2
NO | Kegiatan Belajar | Waktu | Ket |
1. 2. 3. | Pendahuluan a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas) b. Motivasi · Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang lalu dan yang akan diajarkan. · Informasi kompetensi yang ingin dicapai. Kegiatan inti a. Penjelasan konsep secara umum tentang lembaga-lembaga yang mengeluarkan kebijakan publik b. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok c. Tiap kelompok menelaah dan mendiskusikan serta mengerjakan tugas-tugas yang ada dalam LKS d. Siswa dengan difasilitasi oleh guru mendiskusikan dan membahas LKS e. Siswa mempresentasekan hasil tugas kelompok tentang lembaga-lembaga yang berhak mengeluarkan kebijakan publik Kegiatan Penutup a. Guru bersama siswa menyimpulkan materi. b. Post Test c. Tindak lanjut dengan memberi tugas rumah guna mempersiapkan materi yang akan datang | 10 menit 60 menit 10 menit | |
Pertemuan Ke-3
NO | Kegiatan Belajar | Waktu | Ket |
1. 2. 3. | Pendahuluan a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas) b. Motivasi · Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang lalu dan yang akan diajarkan. · Informasi kompetensi yang ingin dicapai. Kegiatan inti a. Penjelasan konsep secara umum tentang langkah-langkah perumusan kebijakan publik b. Membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok beranggota 4-5 orang c. Masing-masing kelompok membahas langkah-langkah perumusan kebijakan publik d. Setiap kelompok melakukan presentase dengan menunjuk satu orang sebagai juru bicara, dan kelompok lain menanggapinya. e. Klarifikasi dari guru terhadap langkah-langkah perumusan kebijakan publik. Kegiatan Penutup a. Guru bersama siswa menyimpulkan materi. b. Post Test c. Tindak lanjut dengan memberi tugas rumah | 10 menit 60 menit 10 menit | |
Pertemuan Ke-4
NO | Kegiatan Belajar | Waktu | Ket |
1. 2. 3. | Pendahuluan a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas) b. Motivasi · Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang lalu dan yang akan diajarkan. · Informasi kompetensi yang ingin dicapai. Kegiatan inti a. Penjelasan secara umum tentang faktor-faktor yang menyebabkan masyarakat tidak mau melaksanakan kebijakan publik di daerah. b. Penjelasan umum tentang dampak positif dan dampak negatif warga negara yang aktif dan tidak aktif berpartisipasi dalam perumusan kebijakan publik. c. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, selanjutnya masing-masing kelompok mendiskusikan materi yang diberikan oleh guru. d. Setiap kelompok melakukan presentasi dengan menunjuk satu orang sebagai juru bicara, dan kelompok lain diminta untuk menanggapinya. e. Klarifikasi dari guru tentang faktor-faktor yang menyebabkan masyarakat tidak mau melaksanakan kebijakan publik di daerah serta dampak positif dan dampak negatif warga negara yang aktif dan tidak aktif berpartisipasi dalam perumusan kebijakan publik. Kegiatan Penutup a. Guru bersama siswa menyimpulkan materi. b. Post Test | 10 menit 60 menit 10 menit | |
E. SUMBER BELAJAR
Ø Buku Paket PPKN Kelas IX
Ø UUD 1945 yang telah diamandemen
Ø UU No32 Tahun 2004
Ø Artikel atau guntingan koran untuk buat klipping.
Ø Buku-buku (sumber) lain yang relevant.
F. PENILAIAN
Penilaian dilakukan sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Penilaian tertulis diberikan setelah pertemuan ke empat. Sedangkan untuk pertemuan ke -1 s.d 3 penilaian lebih ditekankan melalui kegiatan tanya jawabdi kelas, aktivitas siswa saat diskusi, dan mengerjakan tugas-tugas. Adapun tekhnik penilaian yang digunakan adalah tes tertulis dengan bentuk pilihan ganda dan uraian.
Bagian I
1. Segala kebijakan, baik yang berkait dengan hukum, peraturan perundangan lainnya yang
ditujukan untuk kepentingan masyarakat banyak dan dibuat oleh lembaga yang
berwenang disebut.....
a. Kebijakan atasan b. Kepentingan kelompok c. Kebijakan publik d. Peraturan daerah
2. Perhatikan pernyataan di bawah ini
a. ditujukan untuk kepentingan umum
b. dibuat oleh yang berwenang
c. kebijakan yang berkaitan dengan hukum dan peraturan perundangan
d. ditujukan untuk kelompok tertentu
Dari pernyataan diatas, yang bukan ciri-ciri kebijakan publik adalah......
a. Nomor 1 b. Nomor 2 c. Nomor 3 d. Nomor 4
3. UU adalah kebijakan publik yang dikeluarkan lembaga .......
a. Presiden b. DPR c. Presiden dan DPR d. MPR
4. Perhatikan pernyataan di bawah ini................
1. evaluasi kebijakan publik
2. perumusan kebijakan publik
3. isu / masalah publik
4. penerapan kebijakan publik
Langkah-langkah perumusan kebijakan publik yang paling benar adalah........
a. 3, 4, 2, 1
b. 3, 2, 4, 1
c. 3, 4, 1, 2
d. 2, 1, 4, 3
5. Faktor eksternal (faktor dari luar) yang menyebabkan masyarakat tidak mau melaksanakan kebijakan publik di daerah adalah....
a. Masyarakat tidak tahu prosedur berpartisipasi
b. Masyarakat tidak mau tahu
c. Masyarakat telah terbiasa pada pola lama, yaitu pembuatan peraturan tanpa keterlibatan masyarakat
d. Adanya anggapan bahwa keterlibatan masyarakat justru akan memperlambat proses pembuatan kebijakan publik.
6. Di bawah ini adalah pernyataan yang menunjukkan konsekwensi akibat ketidak aktifan masyarakat dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik, kecuali.....
a. Kebijakan publik yang dibuat tidak sesuai dengan kepentingan masyarakat
b. Kebijakan publik hanya menguntungkan kelompok atau golongan tertentu
c. Kebijakan publik dapat dimanfaatkan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.
d. Kebijakan publik yang dikeluarkan dapat mengayomi masyarakat
7. Bentuk kebijakan publik di daerah adalah...
a. UU b. Peraturan Pemerintah c. Peraturan daerah d. Peraturan Desa
8. Penyelesaian masalah, apakah akan dimasukkan dalam perumusan peraturan desa / daerah atau tidak berada pada tahap....
a. Penyusunan agenda b. Perumusan kebijakan c. Penetapan kebijakan d. Pelaksanaan kebijakan
9. Yang bukan merupakan dampak negatif yang dapat merugikan masyarakat akibat dari kebijakan publik adalah....
a. Perumusan kebijakan publik di daerah tidak memenuhi hak-hak rakyat secara menyeluruh
b. Kebijakan publik itu bisa jadi tidak sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat
c. Kebijakan publik itu dapat tidak sejalan atau bahkan bertentangan dengan nilai-nilai masyarakat
d. Kebijakan publik akan mensejahterakan seluruh lapisan masyarakat
10. Pemeran tidak resmi dalam perumusan kebijakan publik adalah....
a. Warga negara atau individu b. DPD c. DPRD d. BPD
Duduksampeyan, 16 Juli 2010
Mengetahui Guru Mata Pelajaran Guru Mata Pelajaran PKn Jakarta, …………………………….
Kepala SMPN 1 Dudukspy Guru Mata Pelajaran PKn
Drs. H. IMRON, M.Pd. Drs. D A R M O
Nip : 131 847 230 Nip : 131393227
Tidak ada komentar:
Posting Komentar